Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Membumikan Momen Harlah, RMI Gelar Lomba Virtual Mars 1 Abad NU

Membumikan Momen Harlah, RMI Gelar Lomba Virtual Mars 1 Abad NU
NUMajalengka-PC RMI NU atau Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Majalengka menghelat Lomba Virtual Mars 1 Abad Nahdlatul Ulama pada tanggal 7-11 Maret 2023.
NUMajalengka-PC RMI NU atau Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Majalengka menghelat Lomba Virtual Mars 1 Abad Nahdlatul Ulama pada tanggal 7-11 Maret 2023.

NUMajalengka-PC RMI NU atau Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Majalengka menghelat Lomba Virtual Mars 1 Abad Nahdlatul Ulama pada tanggal 7-11 Maret 2023.

 

Acara Lomba Virtual Mars Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama ini disiarkan langsung melalui channel YouTube RMI Majalengka dan diikuti oleh seluruh pondok pesantren NU se-Majalengka, Banom, Lembaga, MWC dan Ranting dan Majelis Ta'lim Nahdlatul Ulama se-Majalengka.

 

Menurut ketua RMI PCNU Majalengka K. Muhammad Nawawi Fathullah, M.Pd.I Sekaligus Pengasuh pondok pesantren Syafiiyah Cisambeng perlombaan ini bukan hanya sekedar ajang unjuk suara, akan tetapi sebagai bukti santri dan warga Nahdliyin melek teknologi.

 

"Perlombaan ini bukan hanya sekedar ajang unjuk suara dari masing peserta melainkan menjadi bukti bahwa pesantren dan kader-kader NU sekarang sudah melek akan teknologi yang mana di zaman 5.0 ini kita dituntut untuk beradaptasi dengan kemajuan-kemajuan teknologi," ujarnya.

 

Kami terus mendorong kader-kader NU terutama santri di pesantren-pesantren untuk terus mengikuti perkembangan teknologi karena sekarang program birokrasi di pemerintah mulai dari daerah sampai pusat sudah menggunakan aplikasi mulai dari perizinan, program bantuan dan lain-lain itu di akses melalui media online. Saya selalu optimis ke depan akan lahir kader-kader NU yang bukan hanya sekedar ahli dibidang agama akan tetapi ahli dalam gal teknologi," lanjutnya.

 

"Dan terbukti banyak sekali kader-kader NU sangat antusias untuk mengikuti lomba ini, terutama ibu-ibu Muslimat yang ikut serta menjadi bagian dalam perlombaan ini. Untuk itu saya berterima kasih kepada semua para peserta yang telah ikut berpartisipasi terutama kepada Bunda Hj. Atun Minatul Maula ketua PC Muslimat Nahdlatul Ulama yang telah mendorong semua kadernya untuk mengikuti lomba dengan penuh antusias," imbuhnya.

 

Muhamad Iqbal, SE selaku Wakil ketua PC RMI NU Majalengka sekaligus panitia perlombaan Tasyakur 1 abad Nahdlatul Ulama tingkat PCNU Majalengka mengungkapkan historis dan filosofis lagi Mars 1 Abad NU.

 

"Lagu Mars 1 Abad ini yang di karang oleh KH. Musthofa Bisri atau yang lebih dikenal dengan sebutan GUS MUS sangat menyentuh ketika pertama kali mendengar syarat akan semangat perjuangan yang sampai kapanpun jangan pernah luntur, dan semangat ini harus di sebar luaskan kepada seluruh kader-kader Nahdlatul Ulama terutama yang ada di Majalengka, dan momen Tasyakur Harlah 1 Abad ini saya kira sangat pas untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam Lirik lagu Mars 1 Abad Nahdlatul Ulama ini," pungkasnya.

 

Menurut KH. Didin Misbahudin, M.PD.I Ketua PC Mahasiswa Ahluttoriqoh Al Mu'tabaroh An Nahdliyah Majalengka sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren At Tadzkir Maja juga memberikan pandangannya terhadap acara tersebut.

 

"Gagasan RMI NU Majalengka mengadakan lomba mars 1 abad NU ini, merupakan ide dan gagasan ceemerlang. karena selain untuk syiar NU juga ada beberapa nilai positif, diantaranya, pertama 

menjadi motivasi bagi warga NU khususnya santri untuk menghafal lagu-lagu NU. yang tadinya tidak hafal menjadi hafal," ungkapnya.

 

"Kedua, membangkitkan semangat dan mahabbah para santri terhadap NU, karena nasihat dengan lagu terasa lebih menyentuh qolbu dari pada yang lainnya. Ketiga, mendongkrak lahirnya pegiat medsos dari kalangan NU sebagai sarana dakwah di era sekarang. agar mampu mengimbangi konten-konten negatif di medsos, sudah saatnya warga NU khususnya para santri untuk mengisi medos dengan konten-konten dakwah ahlus sunnah wal jamaah, keempat, menggali potensi para santri dan warga NU untuk lebih berkreasi dan berprestasi," lanjutnya.

 

"Semoga PC RMI NU Majalengka kedepan bisa lebih eksis lagi dalam memfasilitasi santri dan pesantren dalam mengekspresikan potensinya, menuju islam dan indonesia Jaya, serta mewujudkan peradaban dunia. amin," tambahnya.

 

Kyai Mimif Miftah, Lc yang menjabat sebagai Sekretaris PCNU Majalengka yang dalam kesempatan kali ini menjadi ketua panitia Tasyakur Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama tingkat Majalengka menuturkan kegiatan tersebut merupakan kontribusi nyata PC RMI NU Majalengka.

 

"Ini adalah salah satu kontribusi nyata daripada PC RMI NU Majalengka yang mana sudah tidak di ragukan lagi RMI sudah banyak kontribusinya untuk PCNU Majalengka dan pesantren-Pesantrem NU se-Majalengka, tidak salah kami memberikan amanah perlombaan ini kepada RMI, karena setiap acara yang dilaksanakan oleh RMI pasti akan meriah dan pesertanya sangat antusias. Terima kasih RMI semoga tetap Istiqomah dan konsisten memberikan kontribusi lainnya untuk NU," tuturnya.

 

Katib Syuriah PCNU Majalengka K. Muhammad Umar, M.Ag memberikan apresiasi berupa ucapan selamat dan sukses kepada PC RMI NU, panitia dan warga Nahdliyin se-Majalengka.

 

"Sukses untuk RMI Sukses untuk Panitia, Digdaya Berdaya NU KU, NU MU, NU Kita Semua," ujar pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Huda Cisambeng.

 

Tak mau kalah, dari kalangan pelajar Nahdliyin, Ketua IPNU Kabupaten Majalengka Jejen Jaenal Mursalin Mengatakan sepakat dengan gelaran yang diusung oleh PC RMI NU Majalengka.

 

"Sepakat ketika RMI NU Menyelenggarakan Lomba Mars Satu abad NU, karena itu bagian dari doktrin dan pastinya perlu adanya doktrin khusus agar selalu teringat dan terngiang-ngiang terus," tukasnya.