Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Kepala Bapenda Raih Gelar Doktor Termuda di Pemkab Majalengka

Kepala Bapenda Raih Gelar Doktor Termuda di Pemkab Majalengka
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat

PROSESI wisuda menjadi hari yang sangat berbahagia bagi setiap wisudawan maupun keluarga. Rasa suka cita itu pun ternyata dirasakan betul Pemerintah Kabupaten Majalengka. Bagaimana tidak, salah seorang pejabatnya, berhasil merengkuh gelar doktor di usianya yang sangat muda.

 

Ia merupakan lelaki yang dikenal murah senyum dan "someah" pada semua kalangan. Sosok itu yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka Dr H Irfan Nur Alam, SH, MH. Dengan disandangnya gelar doktor itu, diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat, khususnya bagi Kabupaten Majalengka, umumnya bagi bangsa dan negara.

 

Pria kelahiran Majalengka, 13 Juni 1984 ini sebelumnya telah menuntaskan program Pasca Sarjana di kampus Universitas Jaya Baya Jakarta, pada sidang terbuka promosi doktor ilmu hukum. Hasilnya, suami dari Hj. Melly Oktaviani, SE, dinyatakan lulus dengan predikat Cum Luade.

 

Setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "Pola kerja sama pemanfaatan barang milik daerah, sebagai salah satu prasana dalam peningkatan pendapatan daerah,". Pemaparan karya ilmiahnya yang mengesankan dan dapat dipertanggungjawabkan, membuat para dewan penguji yang mayoritas guru besar itu, menjadikannya doktor ke 107 dengan predikat sangat memuaskan. Dan doktor ke-337 di kampus setempat.

 

 

Perjalanan Karir

 

Dalam dunia kerja, ayah tiga orang anak ini terbilang moncer dalam meniti karirnya di birokrasi. Dimulai dari menjabat Kasi Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja pada tahun 2014. Lalu dua tahun kemudian, beralih posisi menjadi Kasi Pendataan Penyaluran dan Penanganan Masalah Tenaga Kerja, pada Tahun 2016.Setahun kemudian, mendapatkan promosi jabatan dan naik menjadi Kepala Bidang Pelayanan Tenaga Kerja pada tahun 2017.

 

Baru pada tahun 2019, putera Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi, M.MPd ini mendapatkan promosi jabatan menjadi Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setda Majalengka. Jabatan barunya ini membawa perubahan dan kemajuan. Ditandai dengan menjamurnya pembangunan infrastruktur di Majalengka yang manfaatnya banyak dirasakan masyarakat. Semua itu tidak terlepas dari sumbangsih ide dan gagasannya dalam membantu mewujudkan Majalengka "Raharja". Atas dedikasinya itu, orang nomor satu di Majalengka memberikan amanah untuk menjabat Kepala Bapenda hingga saat ini.

 

 

Prestasi lainnya yang tak kalah mentereng yaitu, menjadi narasumber di level nasional maupun Internasional. Di antaranya Presenter International Conferences On Law and Humas Right tahun 2021 di Jakarta (Judul Materi: "Asean Diversities and Its Principles Toward Asean (Legal Integration In Pandemic Era” ). Lalu di tingkat dunia, menjadi narasumber Simposium Terracota Triennale 2021 tahun 2021 di Kassel-Jerman (Judul Materi : “Penggerak Ekonomi Berbasis Budaya Lokal Ekonomi Kebudayaan”).

 

Menengok pendidikan formalnya saat kecil, itu tak jauh dari kediamannya saat ini. Tinggal di kelurahan Cijati, Kecamatan/Kabupaten Majalengka. Diawali dari SDN Cijati pada tahun 1997. SMPN 4 Majalengka tahun 2000 dan SMUN 2 Majalengka tahun 2003. Usai lulus dibangku sekolah, hijrah ke Bandung dengan menimba ilmu di Universitas Islam Nusantara. Mengambil jurusan Ilmu Hukum dan lulus tahun 2007.

 

Usai menamatkan pendidikan strata S1, ia melanjutkan studynya ke program Pasca Sarjana di Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) Cirebon. Mengambil jurusan Ilmu Hukum dan selesai tahun 2013. Baru setelah beberapa tahun kemudian, ia melanjutkan kuliah S3 di Universitas Jaya Baya Jakarta. Dan tepat hari ini Selasa 11 Oktober 2022 di kampus Universitas Jaya telah di wisuda dan dinyatakan lulus sebagai doktor dengan predikat Cum Laude. (sumber : HU Kabar Cirebon).**