Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Ratusan Santri di Majalengka Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning

Ratusan Santri di Majalengka Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat

MAJALENGKA--Sebanyak 142 pondok pesantren (Ponpes) di seluruh Kabupaten Majalengka, sangat antusias dalam mengikuti beragam perlombaan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, yang dipusatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka, Kamis (20/10/2022).

 

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pengurus Cabang Rabithah Ma'ahid Islamiyah (PC RMI) Kabupaten Majalengka, yang merupakan salah satu lembaga di Nahdlatul Ulama dengan basis utama pondok pesantren.

 

Cabang perombaan yang digelar meliputi Musabaqoh Qiroatul Kutub Safinah dan Hadits Arbain Nawawi, Muhafadzoh Nadzom 'Imrithi dan Kesenian Nadzom/Pujian sebelum sholat.

 

 

Ketua PCNU Kabupaten Majalengka KH Dedi Mulyadi, MM menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober ini memiliki makna dan peristiwa yang sangat penting. Karena penetapan Hari Santri Nasional yang ditetapkan Presiden Joko Widodo ini dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama.

 

"Setiap tanggal 22 Oktober itu merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945,"kata pengasuh ponpest di Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka ini.

 

Masih dikatakan Kiai Dedi, peringatan HSN juga harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama, agar mampu berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, dan berkeadilan.

 

"Dalam konteks Kabupaten Majalengka para santri harus mampu memberikan manfaat dan berkontribusi untuk kemajuan dan kesejahteran masyarakat,"jelasnya.

 

 

Ketua RMI Kiai Muhammad Nawawi Fathullah, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan perlombaan musabaqoh Qiroatul Kutub & Muhafadzoh ini, sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. Terlebih acara ini dapat terlaksana dengan biaya mandiri, tanpa ada bantuan dari Pemkab Majalengka.

 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengasuh pesantren di Majalengka yang telah ikut berpartisipasi mengirimkan santrinya untuk kesuksesan acara ini,"kata Pengasuh Ponpest di Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka.

 

Salah seorang peserta musabaqoh Anggi Sanjaya mengaku senang dapat mengikuti lomba dalam rangka HSN ini. Selain dapat memupuk tali silaturahmi dengan santri-santri pesantren lainnya, acara ini juga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan.

 

"Saya harapkan semoga PC RMI NU Majalengka semakin sukses dan dapat melaksanakan kegiatan ini setiap tahun jelang Hari Santri ini," ucapnya. (LTN NU) ***