Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Peduli Banjir, Fatayat NU Salurkan Bantuan Paket Sembako

Peduli Banjir, Fatayat NU Salurkan Bantuan Paket Sembako
Situs Resmi NU Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat www.numajalengka.or.id
Situs Resmi NU Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat www.numajalengka.or.id

NU MAJALENGKA--Salah satu badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Majalengka, Fatayat NU memberikan bantuan untuk meringankan beban penderitaan yang dialami masyarakat yang terkena musibah banjir, di Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka.

 

Ketua Pengurus Cabang Fatayat NU Majalengka Hj. Upik Rofiqoh menuturkan, kegiatan peduli banjir di Kecamatan Ligung ini, merupakan salah satu bentuk kepedulian organisasi prempuan NU berusia maksimal 40 tahun ini.

 

"Alhamdulillah ada sedikit rezeki yang kami berikan, untuk meringankan beban warga, berupa bantuan ke paket sembako, alat kebersihan serta kebutuhan mendesak lainnya," ujar dia didampingi tim Fatayat Care Majalengka saat melakukan kunjungan ke lokasi banjir.

 

Dia juga mendo'akan, semoga kejadian ini tidak terulang kembali dan masyarakat diedukasi untuk bersama sama menjaga lingkungan. Antara lain, tidak membuang sampah sembarangan ke sungai dan melakukan berbagai upaya pencegahan agar banjir tidak terulang kembali.

 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka, Agus Permana menuturkan, tercatat sebanyak 728 rumah terdampak banjir atau merendam 1.050 Kepala Keluarga. Akibatnya, sebanyak 650 KK harus mengungsi ke tempat lebih aman.

 

Terjadinya banjir sendiri, lanjut dia, disebabkan tidak optimalnya fungsi dari sungai, baik Sungai Cibodas, maupun Sungai Cikamanggi dan beberapa sungai yg menuju sungai cimanuk. "Akibatnya, sehingga meluap ke pemukiman warga sepanjang anak sungai cimanuk. Sehingga diperlukan normalisasi sungai yang kondisinya sudah sempit dan dangkal,"ungkapnya. (Red LTN NU).