Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Tumbuhkan Budaya Literasi, PWI dan LTN NU Gelar Diklat Jurnalistik

Tumbuhkan Budaya Literasi, PWI dan LTN NU Gelar Diklat Jurnalistik
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Nadlatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka akan menggelar pelatihan jurnalistik.
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Nadlatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka akan menggelar pelatihan jurnalistik.

NU MAJALENGKA--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Nadlatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka, mengajak Keluarga Besar NU (KBNU) Kabupaten Majalengka, agar mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik, sebagai bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembangnya literasi.

 

Kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan wawasan pengetahuan terkait jurnalistik, memerangi berita hoax, sekaligus memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 tingkat Kabupaten Majalengka dan Hari Lahir NU ke-95.

 

Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam menjelaskan, Diklat Jurnalistik kal ini mengusung tema membuat video dan menulis itu mudah. Dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada 13-14 Februari 2021 mendatang, di Aula Kantor Pengurus Cabang NU Majalengka.

 

Sedangkan narasumber yang akan mengisi materi nanti terdiri wartawan senior dan wartawan yang masih aktif atau menggeluti dunia jurnalistik, baik di media cetak, media online dan media elektronik (televisi).

 

"Untuk sementara peserta kami prioritaskan bagi warga NU.Pendaftarannya Rp 150 ribu. Peserta akan mendapatkan beragam fasilitas berupa sertifikat,foto copy materi dari setiap narasumber, kaos, makan, konsumsi, kalender dan fasilitas lainnya," kata Jejep usai menggelar rapat bersama dengan Sekretaris Umum PCNU Mimif Miftah, Selasa (19/1/2021).

 

Harapan dari pelatihan jurnalistik ini, sambung dia, peserta dapat mampu menulis dan membuat video dengan baik dan benar. Apalagi di tengah meningkatnya kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini, menuntut semua warga agar aktif mengisi ruang tersebut dengan berbagai kegiatan positif.

 

"Tingginya angka partisipasi masyarakat dalam menyampaikan informasi baik melalui media sosial dan media mainstream, akan lebih bermanfaat jika diimbangi dengan keterampilan menulis dan membuat video sesuai ketentuan. Sehingga resiko memungkinkan seseorang terhindar dari berita bohong dan terseret ranah hukum bisa dihindari,"paparnya.

 

Sekretaris PCNU Kabupaten Majalengka Ustad Mimif Miftah berharap, pelatihan jurnalistik yang akan digelar berkat kerjasama PWI dan KBNU Majalengka, dapat memberikan manfaat terutama dalam menumbuhkan literasi khususnya bagi warga NU di Kabupaten Majalengka. Pesertanya sendiri berasal dari pengurus PCNU, perwakilan setiap lembaga, badan otonom, MWC NU di setiap kecamatan dan anak ranting.

 

"Ditengah pesatnya kemajuan dan perkembangan teknologi, kemampuan menulis dan membuat video menjadi syarat penting bagi warga NU. Apalagi saat ini kami NU sudah memiliki website resmi www.numajalengka.or.id yang tentunya konten itu harus diisi oleh warga NU, agar tetap bisa eksis dan istiqomah,"ungkap pria asal Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka ini.

 

Pihaknya juga berharap warga NU pada kegiatan nanti, dapat memiliki pengetahuan yang luas mengenai dunia tulis menulis seperti membuat opini, siaran pers, membuat berita dan pengetahuan terkait jurnalistik lainnya.

 

"Selain memberikan edukasi dan mencerdaskan warga NU, kami berharap pelatihan jurnalistik ini dapat meminimalisir beredarnya informasi atau berita bohong (hoax) yang banyak beredar di media sosial,"paparnya. (Red LTN NU)***